RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Ilmu Dasar Islam

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam semesta yang  tersusun  dan  teratur  berdasarkan  fakta-fakta  yang  membuka  rahasia  alam semesta dengan segala keajaiban dan keanekaragamannya dan langsung menghayati penciptanya dengan bukti yang nyata. Bahkan ilmu pengetahuan yang memberikan   dasar-dasar   pokok   tentang   adanya   kesatuan   hidup   yang   saling membutuhkan di alam semesta ini.

Agama  Islam  hanya  memberikan  isyarat-isyarat  agar  manusia  mau  menyelidiki alam   ciptaan   Tuhan   YME   dan   mendorongnya   supaya   menggunakan   akal pikirannya  untuk  mengungkapkan  rahasia  yang  terkandung  didalamnya.  Hasil penemuan itu akan bermanfaat bagi umat manusia. Lebih dari itu semua manusia akan lebih yakin bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan. Dengan demikian keyakinan manusia bertambah teguh  dan kehidupannya  menjadi  makmur karena alam ini dengan segala isinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.

A. Ilmu dan Teknologi Tuhan

Dalam  menurunkan  ilmu-Nya  kepada  manusia,  Tuhan  menggunakan  dua  jalur yakni:

a. Jalur Formal (ayat Qouliyah)
Bentuknya  berupa  wahyu  yang  disampaikan  secara  berstruktur  karena  tidak langsung  disampaikan  oleh  Tuhan  kepada  seluruh  manusia  tetapi  melalui perantara  malaikat  kepada  Rosul-Nya  untuk  kemudian  disampaikan  kepada seluruh umat manusia.

b.   Jalur Non Formal (ayat Kauniyah)
Bentuknya  berupa  ilham  yang  disampaikan  kepada  manusia  secara  mandiri dengan  syarat  ia  mau  mengadakan  pengamatan  dan  penalaran  kepada  ayat- ayat Tuhan yang terdapat  di alam sehingga ia dapat menemukan tanda-tanda kekuasaanTuhan.

Kedua ilmu tersebut saling menguatkan satu sama lain. Ayat Kauniyah merupakan bukti  yang  mendukung  kebenaran  ayat  Qouliyah.  Sebaliknya  ayat  Qouliyah merupakan  petunjuk  untuk  menemukan  fakta  empiris  ayat  Kauniyah.  Akhirnya dengan  mempelajari  ayat  Qouliyah  maka  pengenalan  seseorang  kepada  Tuhan akan  menjadi  tepat  dan  akurat,  dan  dengan  mempelajari  ayat  Kauniyah  maka pengenalan seseorang terhadap Tuhan akan menjadi meluas dan mendalam.

Kalau   kita   perhatikan   ayat   Qouliyah,   maka   akan   kita   dapatkan   bahwa   ia sesungguhnya  merupakan  pedoman  hidup  bagi  manusia  yang  sifatnya  mutlak. Penyimpangan manusia terhadapnya akan menyebabkan kesesatan dan kegoncangan dalam kehidupan di dunia ini. Sedangkan ayat Kauniyah merupakan sarana  hidup  bagi  manusia.  Sebagai  sarana  ia  memerlukan  pembaharuan  setiap saat agar manusia dapat mengelola bumi dan isinya lebih efektif dan efisien. Bila manusia  statis  dalam  sarana  hidupnya,  ia  akan  tetap  primitif  dan  tidak  akan mampu mengelola alam ini dengan baik.

Dengan  berpegang  kepada  kedua  bentuk  ilmu  itulah,  maka  manusia  akan  dapat menjalankan  tugas  dan  kewajibannya  di  muka  bumi  ini  sehingga  akan  tercapai kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat.

Tetapi  suatu  hal  yang  memprihatinkan  sebagian  besar  umat  Islam  dewasa  ini bahwa  mereka  kurang  mempelajari  ayat  Qouliyah  dan  juga  ayat  Kauniyah. Sebagai  akibatnya  maka  umat  Islam  banyak  berpaling  dari  petunjuk  Tuhan  dan memilih  petunjuk  selain  Tuhan,  disamping  itu juga  mereka  tertinggal  dari  umat lain “ bangsa barat” dibidang sarana hidup (science dan teknologi). Hal ini harus segera disadari dan diikuti dengan tindakan konkret.  Tetapi harus diingat  bahwa dalam  mengejar,  ketertinggalan  prinsip  keseimbangan  antara  ayat  Qouliyah  dan ayat Kauniyah harus sangat diperhatikan.
Satu  hal  yang  perlu  diingat  bahwa  umat  Islam  tidak  mungkin  untuk  mengejar ketinggalan-ketinggalan dari bangsa barat sebelum terlebih dahulu kita mengambil  apa-apa  yang  telah  kita  tinggalkan  selama  ini  yaitu  Aqidah  Islam. Akhlak   Islam   dan   sebagainya.   Karena   yang   terpenting   di   sini   bukanlah teknologinya tetapi siapa orang yang berada di belakang teknologi tersebut.

B. Perintah Mencari Ilmu

Al  Qur’an  sebagai  sumber  pertama  dari  ajaran  Islam  telah  memerintahkan,  agar setiap  pemeluknya  mempelajari  ilmu  pengetahuan.  Telah  kita  ketahui  semua, bahwa  ayat  pertama  yang  diturunkan  adalah  ayat  yang  menyangkut  tulis  baca. Tulis  baca  adalah  sebagai  salah  satu  alat  untuk  memperoleh  ilmu  pengetahuan. (Q.S. Al Alaq: 1-5).
Ayat   yang   pertama   dengan   jelas   memerintahkan,   supaya   belajar   membaca. Kemudian  setelah  itu  dianjurkan  mencari  ilmu  pengetahuan  yang  dinyatakan dengan suatu isyarat yang disebutkan pada ayat yang kedua, yaitu ilmu hayat yang membicarakan  tentang  kejadian  manusia.  Sebelum  melangkah  ke  dunia  luar, manusia   harus   mempelajari  kejadian   dirinya   lebih   dahulu.   Ayat   ketiga   dan keempat mempertegas  lagi  tentang perintah membaca  dan menulis.  Setelah  tahu tulis baca, orang akan memperoleh pengetahuan sebagaimana dijelaskan pada ayat yang kelima.
Ayat  yang  membicarakan  tentang  ilmu  dalam  Al  Qur’an  tidak  kurang  dari  580 tempat.  Hal  ini  menunjukkan,  bahwa  betapa  pentingnya  ilmu  itu.  Agama  Islam benar-benar  menempatkan  ilmu  itu  pada  tempat  yang  terhormat.  Sebagai  bukti nyata adalah wahyu yang pertama yang diturunkan bukan ayat yang berhubungan dengan   ibadat   shalat,   puasa,   menunaikan   zakat,   naik   haji,   dan   kewajiban- kewajiban   lainnya,   tetapi   justru   ayat   yang   berhubungan   dengan   baca   tulis sebagaimana  dikemukakan  di  atas.  Di  samping  itu  kita  lihat  pula,  bahwa  Tuhan menjadikan ilmu itu menjadi sifat-Nya yang diulang-ulang dalam Al Qur’an, tidak kurang dari 162 kali.

C. Sains Membuktikan Kebenaran Ayat Al Qur’an

Seorang  guru  besar/ahli  bedah  kenamaan  Perancis,  Prof.  Dr.  Maurice  Bucaille, masuk  Islam  secara  diam-diam.  Sebelumnya,  ia  membaca  dalam  Al  Qur’an, bahwa Fir’aun itu mati karena tenggelam di laut (dengan shock yang berat) dan jasadnya oleh Tuhan diselamatkan (Q.S. Yunus: 92). Dicarinya mumi Fir’aun itu dan  setelah  ketemu,  dilakukannya  bedah  mayat.  Hasilnya  membuat  ia  terheran- heran,  karena  sel-sel  syaraf  Fir’aun  menunjukkan  bahwa  kematiannya  benar akibat tenggelam di laut dengan shock yang hebat. Menemukan bukti ini, ia yakin kalau Al Qur’an itu wahyu Tuhan. Prof. Dr. Maurice Bucaille mengatakan bahwa semua ayat-ayat Al Qur’an masuk akal dan mendorong sains untuk maju. Ia pun lantas masuk Islam.
Lain lagi halnya yang dialami oleh Jacques Yves Costeau. Ia adalah ahli kelautan (oceanografer)  dan  ahli  selam  terkemuka  dari  Perancis.  Mr.  Costeau  sepanjang hidupnya menyelam ke berbagai dasar samudera di seantero dunia, dan membuat film  dokumenter  tentang  keindahan  alam  bawah  laut  untuk  ditonton  jutaan pemirsa di seluruh dunia melalui acara “Discovery”. Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi  keduanya.  Apa  yang  disaksikannya  ini  benar-benar  kejutan  besar selama  kariernya  yang  panjang  di  kelautan.  Bagaimana  mungkin  hal  ini  dapat terjadi?
Pertanyaan   ini   menghantui   hidupnya,   sampai   akhirnya   ia   bertemu   seorang profesor   yang   kebetulan   muslim.   Profesor   yang   muslim   ini   menyampaikan kepadanya bahwa fenomena ganjil tersebut sebenarnya sudah diinformasikan oleh Al Qur’an empat belas abad yang lalu, yaitu pada sura Al Furqon ayat 53: “Dan Dialah yang membiarkan  dua laut mengalir (berdampingan);  yang ini tawar  lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi” serta pada surat Ar Rahman ayat 19-20. Mendengar hal ini  Mr.  Costeau  terkejut,  bagaimana  mungkin  Muhammad  yang  hidup  di  abad ketujuh  yaitu  di  suatu  zaman  dimana  pasti  belum  ada  peralatan  selam  yang canggih  untuk  mencapai  lokasi  yang  jauh  di  kedalaman  samudera  mengetahui akan hal ini. Ia pun akhirnya berkesimpulan, bahwa Al Qur’an itu buatan Tuhan yang  menciptakan  langit  dan  bumi!  Dan  akhirnya  ia  pun  memutuskan  menjadi muslim.
Demikian beberapa ayat yang merupakan mukjizat ilmiah yang datang dari Tuhan Yang Maha Mengetahui segala rahasia yang di langit dan bumi.

D. Jasa Umat Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Jasa  umat  Islam  pada  ilmu  pengetahuan  sangat  besar.  Tidak  hanya  menjadi kebanggaan  umat  Islam  itu  sendiri,  tetapi  juga  diakui  oleh  orang  Eropa.  Kita ketahui bahwa sesudah Islam datang, pusat pengetahuan pindah ke negeri-negeri Islam.  Ilmu  Yunani  diterjemahkan  ke  dalam  bahasa  Arab,  karena  baha  Arab menjadi   bahasa   pengetahuan   di   Asia   tengah   pada   saat   itu.   Di   samping menterjemah,  juga  menemukan  ilmu  baru  yang  kemudian  dipelajari  oleh  orang- orang Eropa dari dunia Islam. Di bawah ini akan dikemukan beberapa contoh saja, agar mendapat gambaran, bahwa umat Islam telah mewariskan ilmu pengetahuan yang sangat berharga bagi umat manusia.
a.   Teknik Irigasi
Ilmu  teknik  irigasi  tumbuh  dengan  pesatnya  di  Mesopotamia.  Di  sana  ada aliran  sungai  Tigris  dan  Dajlah  menjadi  tempat  praktek  yang  baik.  Banyak buku-buku tentang itu, umpamanya: ilmu menaikkan air, kincir air, imbangan air dan jam air. Inilah jam pertama dipergunakan oleh umat manusia.
Buku mekanika tertua dikarang dalam tahun 860 M. Pengarangnya tiga orang yaitu: Muhammad, Ahmad dan Hasan. Ketiga-tiganya adalah putra Musa Ibn Sakir.  Karangan  mereka  sekarang  dikenal  di  Eropa  dengan  nama  Book  of Artificies.  Dalam  buku  ini  terdapat  100  model  konstruksi  teknik,  20  cara praktek. Di antara ilmu praktek ini, terdapat bagaimana caranya membuat bak yang memuat air dingin dan panas (teori tiga orang barsaudara ini sudah dapat membuat es dan alat pendingin rumah).

b.   Geology
Ada sebuah buku yang istimewa hasil buah tangan Ibnu Sina. Buku tersebut membicarakan tentang  gunung-gunung, batu-batu, dan barang-barang tambang. Buku ini sebagai pembuka jalan sejarah geology. Di dalam buku itu diterangkan  tentang  pengaruh  yang  didatangkan  oleh  adanya  gempa  bumi, angin,  air,  temperatur,  endapan,  pengeringan,  dan  akibat-akibat  lain  dari pengerasan  benda.  Buku  ini  pun  tidak  kurang  pentingnya  sebagai  pengantar Ilmu Pertambangan Internasional.

c. Meteorology
Meteorology ialah ilmu yang membahas tentang kepadatan atsmosfir.  Dalam bidang  inipun  orang  Islam  ternama  pula.  Seorang  yang  terkemuka  yang bernama Al Khazini telah mengarang berjilid-jilid buku tentang meteorology. Bukunya  yang  ternama  adalah  timbangan  bijaksana  (Mizan  Al  Hikmah). Dalam bukunya ini Al Khazini menerangkan, bahwa air dan hawa bertambah padat apabila bertambah dekat dengan bumi.  Roger Bacon melanjutkan teori Al Khazini karena ia rajin mempelajari buku-buku pengetahuan Islam.

d.   At Thib (Kedokteran)
Pada masa Daulah Abbasiyah, ilmu kedokteran di kalangan umat Islam telah mencapai  puncak  tertinggi  dan  melahirkan  dokter-dokter  ternama.  Banyak sekali   rumah   sakit   besar   yang   didirikan   dan   sekolah   tinggi   kedokteran. Diantara dokter yang sangat terkemuka adalah: Ibnu Masiwaihi (wafat 243 H), Ibnu Sahal (wafat 255 H), Abu Bakar Ar Razy (wafat 320 H), Ali bin Abbas (wafat 354 H), Ibnu Sina (wafat 428 H), Izzaudin As Suwaidy (wafat 690 H) dan Alauddin bin Fafis (wafat 687 H).

e.   Farmasi dan Kimia
Perkembangan ilmu farmasi dan kimia telah dimulai sejak permulaan daulah Abbasiyah. Setelah kebangkitan Eropa, mereka mempelajari ilmu-ilmu ini dan terbukti  bahwa  penyusun  dan  peletak  dasar-dasarnya  adalah  umat  Islam. Diantara  para  ahlinya  yang  terkenal  adalah:  Ibnu  Bahtiar  (abad  VII  H), Rasyiduddin (wafat 639 H), dan Jubair bin Hayyan (wafat 169 H).

f. Ilmu Falak dan Nujum
Ilmu  falak  dan  perbintangan  telah  berkembang  dengan  pesat  pada  daulah Abbasiyah.   Kalau   kita   perhatikan   kaum   muslimin   memiliki   andil   besar terhadap perkembangan ilmu falak. Diantara para sarjananya yang termasyhur adalah:  Abu  Ma’syar  Al  Falaky  (wafat  272 H),  Jabir  Batany (wafat  319  H), Abu  Hasan(wafat  352  H),  Raihan  Muhammad  Al  Biruny  (wafat  440  H), Quthbuddin Mahmud As Syirasy (wafat 710 H), Ibnu Al Banna Al Marakisy (wafat 721 H), Ibnu Syathir Al Muwaqzat (wafat 777 H), dan Syahbuddin bin Tibagha Al Qahiry (wafat 605 H).

g.   Ilmu Teknik
Diantara  para  ahli  atau  pengarangnya  adalah:  Abd.  Rahman  bin  Daud  Al Andalusy, Tibagha Al Jarkasy (hidup abad 8 H), Ridlwan bin Muhammad Al Khurasany,   Abul   Iz   bin   Ismail   bin   Razaz   Al   Jurury   dan   Kamaluddin Muhammad bin Isa Ad Damiry (wafat 808 H).

Umat  Islam  sekarang  hendaknya  menyadari  bahwa  mutiara  yang  terpendam  itu harus   diusahakan   untuk   ditemukan   kembali.   Mutiara-mutiara   berharga   itu sekarang berada di dunia barat selama berabad-abad. Berdasarkan kenyataan yang kita  lihat  saat  ini,  kita  harus  memiliki  kembali  sesuai  dengan  panggilang  yang tercantum dalam kitab suci.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar